Wednesday 19 November 2014

GUNUNG MERAPI (2911) MDPL

Bersama teman dengan rencana ingin naik gunung Sumbing gagal karena di hari esok ada kegiatan yang lain yang akan saya lakukan. Itu terjadi pada tanggal 16/02/13 pada hari sabtu. Dengan senang hati dan persiapan yang sudah matang sahabat dari UMS Ryan dkk setuju jika gagal ke Gunung Sumbing kita naik gunung MERAPI. Semula dari 4 orang berangkat akirnya berangkat juga dengan tambahan personel menjadi 5 orang. Dari pertama Surya, Ryan, Bayu, dan Dwek karena jadi ke merapi teman kita ada yang ingin ikut dia namanya Mei anak UMS dari OPA Sangguru UMS akirnya ikut juga dan dia udah pengalaman naik di gunung merapi dengan bermaksud untuk mengantarkan kami. Berangkatlah menuju merapi dengan 3 sepeda motor. Dari Solo pukul 16.30 wib menuju new selo Plalangan.

Menurut saya pendakian lebih baik melewati jalur Selo ( Plalangan) karena jalur tersebut lebih aman. Selama perjalanan kita dapat menikmati  pemandangan Gunung Merbabu sebelah Barat laut. Untuk menuju selo dari kota solo dengan bersepda motor dapat di tempuh selama 1,5 jam perjalanan sampai Base Came Merapi yang terletak di dusun Plalangan, desa Lencoh, kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Stelah istirahat sejenak di pondok pendaki jam 20.30 wib mulailah kami berangkat untuk mmendaki. Dari pondok pendaki menujuk pos 1 di tempuh selama 1 jam. Melalui perkebunan tembakau dan kol untuk kemudian memasuki hutan pinus. Mendekati Pos 1 kita akan melewati batu-batu besar. Dari Pos 1 ke Pos 2 menghabiskan waktu 1 jam 20 menit. Melalui medan batuan yang terjal dengan angin yang kencang. Dari sini bila malam hari kita dapat melihat gemerlapnya kota Boyolali. Perjalanan di lanjutkan ke tugu. Selama 1 jam 30 menit. Tinggi tugu tersebut sekitar 1,5 m. Perjalanan tugu ke pasar bubrah dapat di tempuh selama 20 menit. Sebelum mencapai pasar bubrah kita melewati memoriam. Pasar bubrah adalah batas antara vegetasi dan bebatuan. Tempat tersebut berada di pungguan. Batu-batu besar yang berserakan menyerupai pasar tradisonal. Pasar bubrah di sebut juga pasar bubar perjalanan pasar bubrah dapat di tempuh selama 1 jam 30 menit melalu bebatuan yang mudah lomgsor. Sebaiknya pendakian dari pasar bubrah di lakukan pagi hari karena pada siang hari kabut akan turun disertai asap belerang yang menyengat . puncak tertinggi Merapi yang menyerupai burung Garuda sehingga di kenal sebagai puncak Garuda (2911 Mdpl). Dan saat ini puncak garuda terpotong akibat letusan. (Gan Surya)