Wednesday 19 November 2014

PERTAMA NAIK GUNUNG SINDORO 3153 mdpl

Berangkat dari sukoharjo ke Wonosobo jam 09.00 wib hari minggu tgl 22/12/12 untuk naik gunung sindoro untuk pertama kalinya. Naik sepeda motor berjumpa dengan munif dan amelia dari semarang jumpa di terminal bawen. Setelah jumpa mereka, rasa pesimis muncul melihat munif dan amelia gak bawa alat pendakian. Di perjalanan rasa was was gak ingin naik bermunculan terus. Karena lutfi teman baik dan munif yang selalu semangat kami terpakasa berangkat dan aku harus ikut dan nurutinn apa yang mereka mau. Setelah sampai di wonosobo jam 16.00 wib basecame pendakian sindoro. Di perjalanan menuju sindoro kami kehujanan.

Karena perlengkapan untuk pendakian kurang. Saya bermaksud untuk tidak mendaki. Karena munif ingin naik juga terpaksa saya nurutin apa yang dia mau. Alhamdulilah doa saya terkabulkan di situ ada kakak GAN (Gema Arga Nusa) kami pinjam deh alat alat ndaki yang telah turun dari puncak saya pinjam lagi buat naik. Seperti matras SB dan headlamp. Mulailah kami naik dari came pukul 20.00 wib. Karena hujan deras kami came dan bermalam di pos 2 saat itu pukul 22.00 wib. Hari mulai pagi dan saya malas bangun dan gak mau naik. Karena teman teman memaksa untuk lanjut aku juga harus naik. Aku pesimis karena hanya 1 carier yang di bawa dan alat alat nya aku yang bawa mereka asik jalan tanpa beban hanya tas tas kecil tanpa isi. Mulailah jalan berngkat lagi dari came pos 2 menuju puncak pukul 08.00.wib tgl 23/12/12 . di sepanjang jalan pikiranku hanya gak mau naik karena kondisi dan bekal kami minim. Dari 4 orang hanya bawa logistik 4 mie instan dan 8 coffe. Itu gak bisa menghidupi mereka selama di gunung. Ini namanya nekad dan suatu hal yang paling aku benci.

Sampailah di pos 3 jam 11.00 wib kami istirahat sebentar dan di distu gak masak kerena bekal minim kami hanya minum saja. Karena bekal minim kami ber4 memberanikan diri minta bekal sisa dari para pendaki yang turun dari puncak. Dan lumayan dapat banyak. Diperjalan kami di landa musibah yang luar biasa setelah semua pendaki turun dari puncak hingga kosong. Kami nekad menuju puncak dengan kondisi alam yang gak bersahabat. Di landa badai petir dan hujan dan sampailah puncak jam 17.00 wib tagl 23/12/12. Di pos 4 kami ber4 keteledoran meninggalkan barang di pos 4 karena puncak dekat kami gak kuat membawa bekal kepuncak kami tinggal itu barang dan akirnya musibah itu datang. Kami kehilangan senter, minuman dan 3 mie instan yang dapat dari bekal sisa tadi. Di ambil para pendaki nakal atau warga mengatakan bahwa di gunung ada orang gila yang hidupnya seperti tarzan yang suka ngambil barang atau logistik para pendaki.

Kami ber4 berantem dan gak ada yang mau mengalah atas kehilangan barang barang tadi. Sebelumnya udah di peringati untuk tidak di tinggal. Terpaksa jam 18.00 wib kami turun gunung tanpa senter. Gelap gulita dan lapar yang kami rasakan hanya cahaya petir yang bisa membatu penerangan saat turun dari gunung. Hanya senter HP lutfi yang bisa membantu dan minta tolong kepada pendaki lain untuk pengganti morse untuk minta tolong peneangan dalam perjalanan turun. Ada pendaki dari undip 4 orang dengan 2 senter dan itu bisa membantu kami sampai turun ke basecame pndakian sindoro.

Selama perjalanan turun baru pertama kali merasakan 2 senter buat 8 orang dan itu sungguh luar biasa di saat dalam kondisi seperti ini. Di perjalan cukup lama menempuh hingga 5 jam perjalanan turun. Sampai di came alhamdulilah kami selamat sampai tujuan dan itu luar biasa. Dan aku gak  ingin mengulangi lagi. Dan cukup sekali untuk pengalaman.